Panduan Singkat Tentang Pajak Kekayaan di India

Panduan Singkat Tentang Pajak Kekayaan di India

Gotax – Warga India sangat mengenal konsep pajak. Setiap warga negara yang berpenghasilan diharuskan membayar sejumlah pendapatannya kepada pemerintah dalam bentuk pajak. Salah satu bentuk pajak tersebut adalah ‘Pajak Kekayaan’. Sederhananya, pajak ini tidak lain adalah pajak yang dibayarkan atas kekayaan yang kita miliki.

Poin-poin berikut berfungsi sebagai panduan singkat, membantu menjelaskan konsep pajak ini di India.

Perhitungan Pajak Kekayaan

Di India, perhitungan pajak kekayaan sederhana dan mudah. Berdasarkan nilai aset pada tanggal 31 Maret setiap tahun keuangan, pajak ini akan dibayar sebesar 1% dari jumlah yang melebihi batas Rs 30 lakh (untuk aset yang Anda miliki).

Siapa yang bertanggung jawab membayar pajak kekayaan

Hindu Undivided Family (HUF), sektor korporasi, dan setiap individu lainnya yang kekayaan brutonya melebihi Rs 30 lakh, diharuskan membayar pajak ini. Selain itu, Penduduk India akan membayar pajak atas aset global mereka, sementara Warga Non-Penduduk India (NRI) akan bertanggung jawab untuk membayar tarif atas aset mereka di India saja.

Jika NRI kembali ke India secara permanen, maka aset keuangan mereka tidak akan dikenai pajak. Namun, menurut Undang-Undang Pajak Kekayaan, pengecualian ini hanya berlaku untuk jangka waktu tujuh tahun setelah kembali ke India.

NRI akan dikenakan pajak atas tanah perkotaan, properti perumahan atau komersial, logam mulia, kendaraan, dan kelebihan uang tunai cair (lebih dari Rs 50.000) yang mereka miliki.

Aset Mana Yang Dibawah Pajak Ini

Tidak semua aset yang Anda miliki termasuk dalam pajak ini. Berikut adalah daftar aset yang terkena pajak, sebagaimana disebutkan dalam UU

Setiap rumah tinggal, rumah tamu, tanah komersial, atau rumah pertanian yang terletak dalam radius 25 Km dari badan kewarganegaraan atau dewan kota.

Mobil, selain yang digunakan untuk keperluan bisnis.

Barang apa pun yang sebagian atau seluruhnya terbuat dari emas, perak, platinum atau logam mulia lainnya, atau peralatan, perhiasan, dan emas, dibuat dari paduan satu atau lebih logam ini.

Kapal (termasuk kapal pesiar), dan pesawat terbang (selain yang digunakan untuk penggunaan komersial).

Semua orang yang memenuhi syarat untuk membayar pajak ini harus mengajukan Surat Pemberitahuan Kekayaan-Pajak setiap tahun, pada akhir tahun keuangan. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus membayar Pajak Kekayaan Penilaian Diri, setelah itu Anda harus mengisi formulir Surat Pemberitahuan Pajak Kekayaan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*